DIY Berpeluang Pasok Empon-empon Jahe Merah Ke Bintang Toejoeh

Kamis, 15 Februari 2018

YOGYAKARTA(15/02/2018)johjaprov.go.id – PKK disemua Desa di Daerah, Daetrah Istimewa Yogykarta diharapkan disalah satu Program kegiatannya menggerakkan masyarakat untuk menanam empon-empon khususnya jahe merah untuk mendukung kerjasama antara Tim Penggerak PKK DIY, Kabupaten/Kota se DIY dengan salah satu perusahaan jamu Herbal anak Perusahaan Calbe Farma yaitu Bintang Toejoe.

Harapan tersebut disampaikan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK DIY GBRAY Paku Alam tadi pagi ( kamis,15/02) di Bangsal Wiyoto Projo, Komplek Kepatihan Yogyakarta dalam rangka Sosialisasi  Pemanfaatan Pekarangan dengan Toga dan lomba taman Herbal bagi PKK.

Menurut GBRAY Paku Alam, dengan  memanfaatkan pekarangan secara optimal di rumah masing-masing baik tertata, terawatdisamping akan menghasilkan keindahan di lingkungan rumah juga akan mendaptkan income/penghasilan tambahan “ Dari penjualan jahe merah yang ditanam di pekarangan akan  mendaptkan hasil tambahan  untuk keluarga” tandasnya

Sementara  Manager  Bintang Toejoe Andri Wahyudi dalam kesempatan itu  menyatakan bahwa  Anak Perusahaan Kalbe Farma yaitu  Bintang Toejoeh setiap bulannya membutuhkan Jahe Merah sebanyak 30 ton untuk pembuatan  lebih dari 10 produk Herbal  dari Bintang Toejoeh. Oleh karena itu  tandas Andri Wahyudi DIY  melalui Kabupaten/Kotanya  berpeluang memasok bahan baku  untuk obat-obatan herbal tersebut.  Sehingga dengan diadakannya sosialisasi  pemanfaatan  pekarangan  dengan baik dengan tanaman obat dan lomba  Taman Herbal ini memacu dan memberikan motivasi petani empon-empon di DIY untuk lebih giat lagi.

Dibagian lain  Wakil Ketua Tim Penggerak PKK DIY GBRAY Paku Alam mengingatkan bahwa kunci keberhasilan penanaman apapun di perkarangan adalah perawatannya, saat kita  menunggu hasil tanaman jahenya, dipekarangan bisa di kombinasi dengan tanaman lainnya, karena tanaman jahe masa panennya 11 bulan. Bila tanaman itu dirawat, di tata akan mewujudkan hatinya PKK.

Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Toga selain menghadirkan pembicara dari Bintang Toejoeh juga menghadirkan  Guru Besar Fakultas Tekhnologi Pertanian UGM Prof.Dr.Ir.  Agnes Murdiati MS.

Dalam kesempatan Sosialisasi tersebut juga diserahkan bibit Jahe Merah oleh Manager Bintang Toejoeh kepada Wakil Ketua Tim Penggerak PKK DIY GBRAY Paku. (Kar)

HUMAS DIY.

KOMENTAR

Belum ada komentar dalam artikel ini

Anda Harus Login untuk memberikan komentar

LOGIN USER | DAFTAR BARU

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Pemerintah Daerah DIY dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Pemerintah Daerah DIY akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

FILTER & PENCARIAN