Akuntabilitas LO DIY Tergantung Pada Kapabilitas & Integritas Anggota

Tanggal Rilis :
Senin, 08 Januari 2018
Penulis Artikel :
Humas
Fotografer :
Sis
Lokasi :
Bangsal Kepatihan Yogyakarta

YOGYAKARTA.(8/1/2018).jogjaprov.go.id – Lembaga Ombudsman hadir untuk melakukan pengawasan terhadap pelayanan publik yang dilaksanakan oleh sebuah institusi baik pemerintah maupun swasta, untuk kemudian mengklarifikasi penyimpangan-penyimpangan yang terjadi serta membuat rekomendasi kepada institusi terkait, Maka kehadiran LO yang didukung oleh orang-orang yang profesional, mengerti hukum dan berintegritas sangat diperlukan. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X saat memberikan pengarahan usai melantik tujuh orang anggota komisioner LO DIY periode 2018-2021, Senin (8/1) di Bangsal Kepatihan Yogyakarta.

Lebih lanjut Ngarso Dalem menyampaikan bahwa komisioner perlu membangun kinerja dengan pakta integritas, etika dan membangun kekompakan serta mengedepankan netralitas dan obyektivitas. Selain itu, rekomendasi LO harus ditindaklanjuti dan dapat membawa perbaikan pada pelayanan publik. Karena peningkatan pelayanan publik sudah menjadi tekad seluruh jajaran pemerintahan di wilayah DIY. Disamping itu kerja LO harus cermat dan prudent karena  rekomendasi yang dikeluarkan akan memberi dampak bagi pejabat publik. Komisioner pun harus dapat mengawal aduan publik agar dapat cepat ditangani.

Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur DIY No 277/Kep/2017, tujuh orang yang dilantik antara lain : Suki Ratnasari SH, Sugeng Raharjo ST, Fuad SH MH MKn, Fajar Wahyu Kurniawan SIP, Drs Muhammad Nugroho, Yusticia Eka Noor Ida ST, dan Suryawan Raharjo SH LLM sebagai anggota Lembaga Ombudsman DIY masa jabatan 2018-2021.

Di hadapan Wakil Gubernur DIY, Kapolda DIY dan segenap tamu undangan yang hadir, Achiel Suyanto selaku Wakil Ketua Tim Seleksi LO DIY menginformasikan bahwa ketujuh anggota yang dilantik tersebut telah melalui serangkaian tes seleksi sejak dari pengumuman pendaftaran sampai terakhir uji publik. Dimana proses tersebut berlangsung sejak tanggal 2 Oktober 2017 - 19 Desember 2017. 

HUMAS DIY.

KOMENTAR

Belum ada komentar dalam artikel ini

Anda Harus Login untuk memberikan komentar

LOGIN USER | DAFTAR BARU

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Pemerintah Daerah DIY dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Pemerintah Daerah DIY akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

FILTER & PENCARIAN