Puncak Peringatan Hari Ibu Ke-89 DIY Digelar Di Bangsal Kepatihan

Tanggal Rilis :
Jumat, 22 Desember 2017
Penulis Artikel :
Humas
Fotografer :
Sis
Lokasi :
Bangsal Kepatihan Yogyakarta

YOGYAKARTA.(22/12/2017)-jogjaprov.go.id- Puncak Peringatan Hari Ibu Ke-89 Tahun 2017 di DIY dilaksanakan pada hari ini, Jumat (22/12) di Bangsal Kepatihan Yogyakarta. Hadir dalam acara ini Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X, GKR Hemas, GKBRAy Pakualam dan Sekda DIY Ir Gatot Saptadi

Tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai  Hari Ibu dimaksudkan untuk mengenang perjuangan pergerakan perempuan yang diwujudkan melalui kongres perempuan Indonesia yang pertama di Yogyakarta. Dan dalam perjalanannya perjuangan perempuan mengalami pasang surut dan cenderung yang pada akhirnya peranan perempuan mengalami domestifikasi.

Maka Dr. Sari Murti selaku Ketua Lembaga Perlindungan Anak DIY dalam sesi wawancara menyatakan bahwa Peringatan Hari Ibu seharusnya menjadi momen untuk menumbuhkan kembali  pemikiran bahwa perempuan bersama dengan laki-laki  setara, mempunyai tanggung jawab bersama, untuk ikut memajukan bangsanya, dan nilai itu yang sebenarnya harus di perjuangkan.

Di sisi lain Gubernur DIY Sri Sultan HB X dalam sambutannya menyampaikan, dengan di peringatinya Hari Ibu bertema “Perempuan Berdaya Indonesia Jaya” dapat  lebih mengokohkan peran perempuan  sebagai tiang negara agar lebih berdaya menuju indonesia jaya. Dengan syarat benar-benar tercapainya kesetaraan gender yang ditopang oleh ketahanan  keluarga, dimana ibu menjadi pilar yang kuat, dalam kesehatan, ekonomi, pendidikan,  kehidupan keluarga dan masyarakat serta kuat  dalam menyikapi kebinekaan  sosial budaya.

Lebih lanjut, Sri Sultan HB X mengajak kepada para ibu untuk  mengingatkan anak-anaknya  dan katakan “Rahim ibumu, tidak untuk melahirkan calon koruptor! Hargailah ibumu, selain  pihak keluarga  agar pendidikan formal  juga diberikan perhatian penanaman nilai-nilai  anti  korupsi, selain pendidikan kesetaraan gender”, ujar Sri Sultan HB X.

Sri Sultan HB X menyampaikan harapannya semoga  para perempuan dapat mewarisi  api semangat dari para pejuang dan pahlawan  perempuan Indonesia khususnya tokoh-tokoh perempuan DIY.

Diah Suminar selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa dalam rangka Peringatan Hari Ibu tahun 2017 tingkat DIY dilaksanakan kegiatan berupa: Audiensi dengan Surat  Kabar Kedaulatan Rakyat, Audiensi dengan GKR.Hemas, Donor Darah, Sarasehan dengan tema Gerakan  Bersama Menuju Ketahanan Keluarga, Pameran Kain-kain Nusantara, Senam  Massal dan bakti sosial dengan membuka penjualan sembako murah.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada peserta lomba Pengelola Terbaik Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Tingkat DIY, lomba kreatif olahan pangan dalam rangka PHI ke 89 tahun 2017, lomba Bercerita tingkat SD  dalam rangka Peringatan Hari Ibu ke 89, dan lomba Bercerita tingkat SMP dalam Rangka Peringatan Hari Ibu ke 89. Masing-masing pemenang berhak menerima piala, piagam penghargaa dan uang pembinaan/uang tabungan.(put)

KOMENTAR

Belum ada komentar dalam artikel ini

Anda Harus Login untuk memberikan komentar

LOGIN USER | DAFTAR BARU

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Pemerintah Daerah DIY dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Pemerintah Daerah DIY akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

FILTER & PENCARIAN